cara Membuat kue bolu yang pasti enak dan nikmat

 Membuat kue bolu adalah salah satu resep klasik yang relatif mudah dan lezat. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat kue bolu:


Bahan yang Diperlukan:


200 gram tepung terigu

200 gram gula pasir

4 butir telur

100 gram mentega cair

1 sendok teh baking powder

1 sendok teh vanili ekstrak (opsional)

Sejumput garam

Langkah-langkah:


Panaskan Oven dan Siapkan Loyang:


Panaskan oven Anda terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius. Olesi loyang bundar berukuran sekitar 20 cm dengan mentega atau minyak sayur, lalu taburi dengan sedikit tepung terigu untuk menghindari kue menempel.

Ayak Tepung Terigu dan Baking Powder:


Ayak tepung terigu dan baking powder bersama-sama ke dalam mangkuk besar. Ini akan membantu menghilangkan gumpalan dan mengintegrasikan baking powder secara merata.

Kocok Telur dan Gula:


Dalam mangkuk lain, kocok telur dan gula pasir dengan mixer listrik hingga campuran menjadi pucat dan mengembang. Ini akan memakan waktu beberapa menit.

Tambahkan Mentega Cair dan Vanili (jika digunakan):


Masukkan mentega cair dan vanili (jika digunakan) ke dalam campuran telur dan gula. Kocok lagi hingga semuanya tercampur rata.

Tambahkan Campuran Tepung Terigu:


Secara bertahap, tambahkan campuran tepung terigu yang telah diayak ke dalam campuran telur. Gunakan mixer pada kecepatan rendah atau aduk dengan spatula hingga adonan tercampur rata. Jangan terlalu berlebihan dalam mengaduknya agar tidak kehilangan udara yang sudah terperangkap.

Tuang ke Loyang:


Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaannya dengan spatula.

Panggang Kue Bolu:


Panggang kue di dalam oven yang sudah panas selama sekitar 30-35 menit, atau sampai kue bolu mengembang dan permukaannya berwarna keemasan. Anda juga dapat menggunakan metode tusuk gigi: jika tusuk gigi yang dimasukkan ke dalam tengah kue keluar bersih, maka kue sudah matang.

Dinginkan dan Keluarkan dari Loyang:


Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin dalam loyang selama beberapa menit. Kemudian, gunakan pisau tumpul untuk mengelupas kue dari pinggir loyang dan pindahkan ke rak pendingin untuk mendinginkan sepenuhnya.

Sajikan Kue Bolu:


Setelah kue benar-benar dingin, Anda bisa memotongnya menjadi potongan-potongan dan menyajikannya. Anda juga dapat menambahkan hiasan seperti gula halus atau saus karamel jika diinginkan.

Selamat menikmati kue bolu yang lezat! Jangan ragu untuk menyesuaikan resep dengan tambahan seperti lemon zest atau cokelat chip sesuai selera Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

manfaat buah persik yang harus di dekatahui masyarakat

Berikut adalah 5 buah-buahan yang terbaik

manfaat buah alpokat bagi kesehatan